BAB III
STRATEGI
PEMASARAN PADA PEMASARAN INTERNET
Bab-bab
sebelumnya telah memberikan gambaran tentang strategi unit bisnis dan analisis
peluang pasar. Bab ini berfokus pada hubungan antara strategi unit bisnis dan
strategi pemasaran - khususnya, bagaimana strategi pemasaran yang baik
dipengaruhi oleh strategi bisnis unit. Bab ini dimulai dengan luas membahas
hubungan antara strategi unit bisnis dan strategi pemasaran. Diskusi ini
berfokus pada empat jenis keselarasan yang harus diperhatikan dan dikelola
untuk berhasil mengintegrasikan dua tingkat strategi.
Bagaimana
Bisnis - Unit Strategi Terkait Dengan Strategi Pemasaran?
Microsoft Carpoint
Pertimbangkan
kasus Microsoft Carpoint (www.carpoint.com). Diluncurkan pada tahun 1996,
tujuan Carpoint adalah untuk memiliki bagian terbesar dari penjualan dan transaksi
auto - terkait di Internet. Carpoint melihat dua peluang kunci: (1) kesempatan
untuk memberikan konsumen yang tidak puas dengan proses membeli mobil secara
offline cara baru untuk membeli sebuah mobil, dan (2) kesempatan untuk
memanfaatkan tren menggunakan Internet untuk transaksi ritel.
Carpoint
(sekarang disebut MSN Autos) memiliki sejumlah aset yang unik:
1.
Ini adalah situs
membeli mobil paling populer.
2. Sebagai
situs membeli mobil yang paling populer, Carpoint mampu untuk lebih
memanfaatkan informasi konsumen yang diperoleh untuk meningkatkan nilai untuk
berlangganan dealer.
3. Sebagai
properti Microsoft, Carpoint menikmati eksklusif.
4.
Di lapangan yang penuh
sesak dengan pesaing, manfaat Carpoint dari kekuatan merek Microsoft.
Dengan demikian,
strategi Carpoint berfokus pada menjadi yang terbaik tersedia informasi situs
auto bagi konsumen dan mengkonversi ke dalam kegiatan yang menghasilkan
pendapatan seperti menawarkan prospek yang berkualitas dan wawasan tentang
perilaku pelanggan.
Pesan utama di
sini adalah bahwa strategi pemasaran yang efektif, seperti dalam kasus Carpoint,
berkaitan dengan strategi bisnis melalui keselarasan yang baik. Strategi
pemasaran harus konsisten dengan strategi perusahaan bisnis, tujuan, dan sumber
daya agar efektif.
Tautan ini: Strategi
Bisnis Mengarahkan Pilihan Strategi Pemasaran
Strategi bisnis,
maka, harus terkait dengan strategi pemasaran dengan memberikan arah yang baik,
bimbingan, dan tolok ukur untuk penyelarasan. Satu parameter strategi bisnis
yang luas yang ditetapkan, pilihan posisi dan terkait bauran pemasaran bisa
lebih tepat diatur.
Sebuah strategi pemasaran berfungsi
paling efektif saat itu sangat selaras dan konsisten dengan strategi bisnis.
Kriteria untuk Menilai
Keselarasan antara Bisnis dan Strategi Pemasaran
Ada empat
dimensi organisasi sepanjang yang strategi pemasaran harus selaras dan
terintegrasi dengan strategi bisnis agar dua strategi untuk bekerja secara
optimal. Exhibit 3.1 menunjukkan bahwa kesesuaian antara dua tingkat strategi
akan ditingkatkan jika ada keselarasan tujuan masing-masing strategi, sumber
daya, kegiatan, dan rencana implementasi.

Pesan utama
dalam bagian ini adalah bahwa strategi unit bisnis dan strategi pemasaran perlu
disinkronkan. Bahkan di perusahaan yang paling bermaksud baik, ketidaksesuaian
tujuan, sumber daya, kegiatan, atau pelaksanaan dapat menghambat eksekusi yang
optimal baik strategi. Perusahaan harus terus memantau konsistensi dan
kesesuaian antara kedua strategi tersebut. Setelah menetapkan pentingnya
keselarasan, sekarang kita beralih ke strategi pemasaran, konsep dan proses
utamanya, dan bagaimana hal itu akan berbeda dalam berbagai skenario online.
Strategi
Pemasaran : A Review Dasar
Konsep-konsep Penting
dalam Strategi Pemasaran
Secara
tradisional, strategi pemasaran terdiri dari segmentasi, targeting, dan
positioning. Strategi ini kemudian didukung oleh program pemasaran, yang
melibatkan desicions terkait dengan bauran pemasaran - harga, produk, promosi,
dan distribusi (lihat Exhibit 3.2). Tiga konsep kunci dalam strategi pemasaran
- segmentasi, targeting, pisitioning - yang didefinisikan secara luas. Meskipun
tidak secara langsung terkait dengan strategi pemasaran , konsep bauran pemasaran juga dibahas secara singkat.
Segmentasi.
Sebagian besar pasar dapat berguna dibagi menjadi subunit konsumen yang sama
dalam apa yang mereka nilai dalam kategori produk, atau dari segi biaya mereka
untuk melayani, atau karakteristik yang membuat mereka dapat diakses oleh
program pemasaran tertentu. Proses ini dikenal sebagai segmentasi, dan subunit
ini disebut segmen pasar.
Sasaran Seleksi Pasar.
Proses mengidentifikasi dan memilih segmen ini dikenal sebagai penargetan.
Positioning.
Positioning adalah tentang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk. Ini
biasanya berarti merancang pesan pemasaran sehingga produk tersebut dianggap
unik dan dihargai oleh target pasar.
Marketing Mix.
Bauran pemasaran tradisional termasuk tingkat seperti harga, produk, promosi,
dan saluran distribusi. Untuk alasan ini, bauran pemasaran lebih banyak
berurusan dengan eksekusi, dan tidak didefinisikan secara khusus sebagai bagian
dari strategi pemasaran.

Segmentasi Prioritas,
Resources Alokasi, Dan Waktu
Segmentasi prioritas cenderung berfokus pada dua
hal:
1.
Pembeli
tahap-kesiapan. Tujuannya adalah untuk
menargetkan segmen yang siap untuk membeli hari ini.
2.
Sikap.
Mirip dengan kesiapan, perusahaan menargetkan segmen yang paling reseptif
terhadap suatu produk.
Alokasi sumber
daya dan waktu alokasi sumber daya adalah fungsi dari segmen prioritas. Pada
peluncuran produk awal, perusahaan mengalokasikan sumber daya mereka pemasaran
didasarkan pada prioritas segmen target mereka.

Skenario
Pemasaran Internet: Pure Plays Vs. Bricks-and-Mortar

Skenario Pure -Plays
Proses perumusan
strategi bisnis dan pemasaran untuk Internet memainkan murni seperti Yahoo! Dan
eBay digambarkan pada sisi kiri Exhibit 3.6. dalam skenario ini, proses
segmentasi, targeting, dan positioning tetap sebagian besar sama seperti untuk
bisnis benar-benar offline.
Skenario Bricks-and-Mortar
Sekarang
mempertimbangkan proses perumusan strategi pemasaran untuk Gap perusahaan ritel.
Tugas pertama adalah untuk menentukan ruang lingkup dari unit bisnis. Mari kita
berasumsi bahwa unit bisnis memiliki kedua toko retail offline (Gap) dan sebuah
toko online (www.gap.com).
STRATEGI
PEMASARAN INTERNET: PURE PLAYS
Segmentasi untuk Pure
Plays
Dasar untuk segmentasi.
Variabel dalam setiap kategori yang termasuk dalam daftar berikut.
•
Demografi : umur, jenis
kelamin, pekerjaan, etnis, pendapatan, dll
•
Geografis : domain ISP
, negara, wilayah , kota
•
Psikografis : gaya
hidup , kelas sosial , dan kepribadian
•
kognitif dan perilaku:
manfaat yang dicari, tingkat penggunaan, status kesetiaan, dll
Segmentasi yang efektif.
agar segmentasi efektif, perlu mengikuti tiga aturan. Segmentasi harus:
•
Bermakna. Ini harus
membantu menggambarkan dan menjelaskan mengapa pelanggan saat ini berperilaku
dengan cara tertentu.
•
Ditindaklanjuti. Ini
harus memungkinkan untuk eksekusi layak, dalam hal penargetan dan posisi ke
segmen tersebut.
•
Finansial menarik. Target
segmen harus bernilai ekonomis.
Target Seleksi Pasar
untuk Pure Plays
Ukuran segmen
dan Pertumbuhan.
Faktor utama dalam proses penargetan adalah memutuskan apakah segmen akan
bermanfaat finansial - tidak hanya sekarang, tapi di masa depan juga. Catatan,
bagaimanapun, bahwa segmen yang tumbuh sering menarik pesaing, yang mengapa
pertimbangan lain, seperti segmen tarik struktural, perlu diperhitungkan.
Segmen
Struktural Tarik. Menganalisis daya
tarik struktural segmen dapat memberikan wawasan profitabilitas segmen ini.
Kerangka kerja yang paling banyak digunakan untuk tarik menganalisis industri
saat ini dan masa depan struktural adalah model lima kekuatan Porter.
Memosisian untuk
memainkan Pure Plays
Strategi untuk
penentuan posisi menggabungkan strategi untuk produk, saluran distribusi,
harga, dan promosi. Pada akhirnya, posisi akan mengartikulasikan apa merek akan
berdiri dalam benak konsumen.
Rencana pemosisian
untuk Pure Plays
Ada
lima langkah:
1. Mengidentifikasi
positioning produk yang sebenarnya.
2. Menentukan
posisi produk yang ideal.
3. Mengembangkan
strategi alternatif untuk mencapai posisi produk yang ideal.
4. Pilih
dan melaksanakan alternatif yang paling menjanjikan.
5. Bandingkan
posisi yang sebenarnya baru dengan posisi yang ideal.
STRATEGI
PEMASARAN INTERNET: BRICKS-AND-MORTAR
Segmentasi untuk BAMs
Moving Online
Dasar untuk
segmentasi pasar secara alami akan berubah ketika perusahaan secara offline
mulai melihat pelanggan di internet, di mana variabel seperti geografi adalah kepentingan
utama di masa lalu, domain ISP mungkin sekarang dipertimbangkan. Atau, variabel
baru seperti akses internet spedd atau daya komputasi mungkin menjadi penting. Perusahaan
tradisional yang baru ke Internet akan menemukan segmentasi online dapat menghasilkan
empat skenario yang berbeda, dicirikan Exhibit 3.9.

Target untuk BAMs
Moving Online
Segmen masih
harus hati-hati dievaluasi pada kriteria yang disebutkan sebelumnya, segmen
yang dipilih harus yang signifikan dalam ukuran dan struktural menarik dan
kebutuhan segmen harus konsisten dengan sumber daya perusahaan. Skenario
berikut menunjukkan empat kemungkinan strategi di mana perusahaan tradisional
dapat menargetkan segmen secara online dalam kaitannya dengan segmen offline
tradisional.

Pemosisian untuk
BAMs
Moving Online
Masing-masing
dari empat skenario membutuhkan pendekatan positioning yang berbeda. Namun,
pilihan positioning baru yang muncul secara online masih layak dikaji. Exhibit
3.12 menguraikan strategi positioning yang tepat dan pedoman untuk
masing-masing skenario.

Seperti dengan
strategi pemasaran secara keseluruhan, positioning menjadi pengalaman baru bagi
perusahaan-perusahaan yang bergerak secara offline online. Sebagai strategi
pemasaran mengambil makna baru di internet, jelas juga akan ada implikasi baru
untuk strategi pemasaran.
EBAY’S MARKETING
STRATEGY
Segmentation Dua
dimensi yang luas mengklasifikasikan pelanggan dan jenis menawarkan mereka
cari:
(1)
Jenis dari penawaran dan
(2)
luasnya bisnis. Sehubungan dengan jenis penawaran, dua opsi yang ditentukan:
pasar massal (menawarkan berbagai macam produk pasar) atau ceruk (sempit tapi
dalam berbagai kategori produk tertentu).
Targeting
eBay
mengakui bahwa saat online massal dan harga tetap layanan diformat menjadi
lebih menarik banyak orang, ada subsegments dalam pasar yang mencari layanan
yang lebih khusus dan mungkin menghindarkan diri dari pelelangan generik
layanan itulah sebabnya eBay menawarkan layanan khusus untuk segmen yang lebih
kecil.
Positioning
Pesan
positioning eBay berputar di sekitar sebagai "pasar online dunia."
Tagline ini mengungkapkan dua manfaat utama eBay:
(1)
ukuran keanggotaannya dan produk yang persembahan, dan
(2)
arti yang dikembangkan masyarakat.
eBay
telah memposisikan diri sebagai bisnis global dengan produk yang sangat
bervariasi bahwa mereka akan menarik konsumen dari seluruh dunia. Dengan posisi
sebagai pasar bukan hanya sebuah situs lelang, eBay mengkomunikasikan
penekanannya pada masyarakat dan rasa bahwa ada lebih banyak ke situs daripada
transaksi bisnis saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar