BAB II
FRAMING
THE MARKET OPPORTUNITY
Banyak produk berbasis teknologi sangat bergantung pada produk komplementer . Misalnya, bisnis web browser yang mengandalkan teknologi ; browser tergantung pada sistem operasi , PC , dan teknologi modem . Selain itu, jaringan sifat web berarti bahwa beberapa perusahaan dapat dengan mudah bersekutu untuk membuat tawaran mulus . Perusahaan dapat sering menemukan diri mereka dalam kompetisi satu sama lain yaitu , pesaing dan kolaborator .
Dalam menilai sumber daya yang berhasil , manajer harus memeriksa kedua kemungkinan internal dan eksternal , daripada menganggap perusahaan harus melakukan sendiri . Selain secara tradisional membuat atau membeli keputusan , perusahaan kini memiliki pilihan yang ketiga yaitu : sekutu . dan karena banyak perusahaan saat ini membuat jaringan mitra yang luas, tantangan sebenarnya adalah mengelola jaringan ini secara efektif .
Dalam sebuah bisnis harus mampu menganalisis kebutuhan pelanggan , mendefinisikan produk yang memenuhi kebutuhan tersebut , dan menerapkan strategi dipertahankan . dalam
bisnis tradisional , pertempuran kompetitif untuk berjuang mendefinisikan mengatur pola perilaku konsumen ( misalnya , berbelanja di toko-toko kelontong ) .
Perusahaan akan memperkenalkan produk yang mengarah ke perilaku baru dan kebutuhan pelanggan baru . Tantangannya adalah mendengarkan cukup erat dengan pelanggan saat ini untuk mengembangkan wawasan tentang peluang tanpa terbuai hanya memenuhi kebutuhan yang ditetapkan . Untuk negara maju , pelanggan tidak tahu apa yang mereka tidak tahu . Tugas perusahaan adalah untuk mendefinisikan pengalaman baru berdasarkan wawasan mengenai bagaimana pelanggan bertindak hari ini dan mengapa .
Enam Langkah Ini Merupakan Analisis Pasar – Kesempatan Suara :
Langkah 1 : menyelidiki kesempatan dalam sistem nilai yang ada atau yang baru
Langkah 2 : mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi terlayani
Langkah 3 : menentukan segmen pelanggan sasaran
Langkah 4 : menilai kebutuhan sumber daya untuk memberikan persembahan
Langkah 5 : menilai daya tarik yang kompetitif, teknologi, dan keuangan kesempatan
Langkah 6 : melakukan go atau no go penilaian
PELUANG LNVESTIGASI YANG ADA ATAU BARU
Nilai Sistem Identifikasi dan analisis Oppornrnity berlabuh dalam ada atau barusistem – nilai lapangan bermain . Sistem nilai dapat dianggap sebagai seluruh rantai pemasok , distributor , pesaing , pembeli , dan perantara yang membawa korban yang sudah ada ke pasar . Dalam ekonomi jaringan , titik awal untuk identifikasi peluang seringkali adalah seseorang yang percaya bahwa sistem nilai dapat diciptakan kembali . Sistem nilai ini beccmes yang jangkar untuk membingkai kesempatan . Kemudian , seseorang dapat mengidentifikasi pelanggan , skr – menyewa pelaku pasar , dan kegiatan ekonomi untuk memanfaatkan , mengarahkan , atau membuat . Langkah pertama dalam framiug peluang bisnis adalah untuk mengidentifikasi secara luas arena dimana perusahaan baru akan berpartisipasi . Tujuannya adalah untuk menyatakan baik apa yang ada di dan apa yang keluar dari bisnis model pertimbangan set . untuk tujuan kita , arena bisnis ripically didefinisikan dalam atau melintasi rantai nilai industri , atau sistem nilai . Bisnis terdiri dari diskrit koleksi kegiatan individu dan organisasi yang bekerja sama untuk membuat dan memberikan manfaat pelanggan melalui produk atau jasa .. Dalam sebuah perusahaan , mungkin ada cara untuk menciptakan nilai . Setelah semua , perusahaan adalah terdiri dari serangkaian kegiatan terkait yang menghasilkan penciptaan produk akhir atau penyerahan jasa .
TIGA JENIS DASAR NILAI
Perusahaan harus melihat pada sistem nilai dengan lensa yang menghasilkan ide-ide tentang baru kemungkinan bisnis . Secara khusus , perusahaan mencari salah satu dari tiga hal : nilai terperangkap yang dapat dibebaskan , nilai baru untuk dunia yang dapat dibuat atau diciptakan, atau hibrida dari terjebak dan nilai baru ke dunia
MENCIPTAKAN PASAR LEBIH EFISIEN .
Dengan menurunkan biaya pencarian dan transaksi, pasar lebih efisien —- pelanggan dapat membeli apa yang terbaik bagi mereka di Iower biaya bersih . Sebagai contoh, Bizbuyer.com menyatukan pemasok dan pembeli produk dan jasa untuk usaha kecil dan menengah businisies . pelanggan yang menyerahkan permintaan usulan , dan pemasok yang memenuhi syarat memberikan kutipan. menciptakan sistem nilai Lebih Efisien . penekanan atau menghilangkan langkah-langkah dalam
SISTEM NILAI SAAT INI DAPAT MENGHASILKAN PENGHEMATAN WAKTU ATAU BIAYA.
Membangun sebuah komunitas : Internet memungkinkan membangun masyarakat yang efisien , seperti yang terlihat dalam ledakan chat room di berbagai topik , baik publik dan swasta masyarakat . website tertutup – komunitas seperti MyFamily.com berusaha untuk membawa keluarga modern yang dengan memungkinkan berbagi percakapan , gambar , pertukaran resep , dll
Memperkenalkan fungsi baru dunia atau Pengalaman pelanggan : merupakan konvergensi komunikasi , komputasi , dan entertaiment serta bentuk yang selalu berubah dan fungsi atau akses perangkatnya adalah dengan membuat pengalaman baru yang mungkin di alami
Nilai hibrida : sebagai istilah yang berkonotasi , adalah istilah yang paling kuat ketika efek sinergi dari keduanya terjebak dan nilai baru untuk dunia dapat dikombinasikan . di sana tiga mekanisme yang berbeda dimana perusahaan dapat menciptakan nilai hibrida : mengganggu penetapan harga, memungkinkan kemudahan akses , atau memerluas jangkauan pasarnya
Mengganggu harga saat ini . Selain membuat pasar lebih efisien , ini Aktivitas nilai membuka kunci dalam perubahan hubungan harga dan daya saat ini . konsumen bisa mendapatkan pengaruh atas harga dan menangkap bagian dari vendor , dan ketika mergin mereka memiliki informasi lebih lanjut tentang relatif kinerja vendor, dalam pemahaman ekonomi penjual , atau wawasan vendor saat ini
MENENTUKAN TARGET PELANGGAN
Diskusi sejauh ini telah tentang dimana sebuah perusahaan berkemungkinan untuk bermain disistem nilai , bagaimana pelanggan melalui proses pengambilan keputusan , dan potensi daerah untuk penciptaan nilai . Bagian selanjutnya dari pembahasan ini akan fokus pada pelanggan tertentu yang perusahaan berencana untuk mengejar . perusahaan perlu mengembangkan rasa untuk tipe pelanggan mereka yang akhirnya mencari untuk dilayani . Pemahaman ini memungkinkan perusahaan untuk menilai peluang menarik pada tingkat tinggi dan untuk fokus untuk mepersembahkan kerajinan, yang menarik
TARGET PELANGGAN
nilai proposisi , atau nilai klaster , hanya pelanggan tertentu seperti . Merancang nilai cluster yang memiliki tiga komponen yang berbeda : ( 1 ) pilihan dari segmen pelanggan sasaran , ( 2 ) pilihan manfaat konsumen yang focus untuk menawarkan , dan ( 3 ) alasan bagi pelanggan untuk percaya alasan mengapa ini perusahaan tertentu dan mitra-mitranya dapat memberikan nilai te klaster secara signifikan lebih baik dibandingkan pesaingnya bisa.
PENDEKATAN UNTUK SEGMENTASI PASAR
Ada banyak pendekatan untuk segmentasi , dan cara terbaik untuk segmen pasar merupakan topik yang sering diperdebatkan . Keputusan tergantung pada sistem nilai bahwa kesempatan berpusat pada , bagaimana pelanggan dapat dan akan membuat keputusan dalam sistem nilai , dan tindakan apa perusahaan kemungkinan untuk ambil. Sebelum pendekatan praktis untuk segmentasi bagi perekonomian jaringan dijelaskan , penting untuk meninjau secara singkat cara yang berbeda bahwa pasar ( dan pelanggan ) dapat segmentasi . Literatur akademik dan buku teks sering mengutip pendekatan segmentasi berikut :
Banyak produk berbasis teknologi sangat bergantung pada produk komplementer . Misalnya, bisnis web browser yang mengandalkan teknologi ; browser tergantung pada sistem operasi , PC , dan teknologi modem . Selain itu, jaringan sifat web berarti bahwa beberapa perusahaan dapat dengan mudah bersekutu untuk membuat tawaran mulus . Perusahaan dapat sering menemukan diri mereka dalam kompetisi satu sama lain yaitu , pesaing dan kolaborator .
Dalam menilai sumber daya yang berhasil , manajer harus memeriksa kedua kemungkinan internal dan eksternal , daripada menganggap perusahaan harus melakukan sendiri . Selain secara tradisional membuat atau membeli keputusan , perusahaan kini memiliki pilihan yang ketiga yaitu : sekutu . dan karena banyak perusahaan saat ini membuat jaringan mitra yang luas, tantangan sebenarnya adalah mengelola jaringan ini secara efektif .
Dalam sebuah bisnis harus mampu menganalisis kebutuhan pelanggan , mendefinisikan produk yang memenuhi kebutuhan tersebut , dan menerapkan strategi dipertahankan . dalam
bisnis tradisional , pertempuran kompetitif untuk berjuang mendefinisikan mengatur pola perilaku konsumen ( misalnya , berbelanja di toko-toko kelontong ) .
Perusahaan akan memperkenalkan produk yang mengarah ke perilaku baru dan kebutuhan pelanggan baru . Tantangannya adalah mendengarkan cukup erat dengan pelanggan saat ini untuk mengembangkan wawasan tentang peluang tanpa terbuai hanya memenuhi kebutuhan yang ditetapkan . Untuk negara maju , pelanggan tidak tahu apa yang mereka tidak tahu . Tugas perusahaan adalah untuk mendefinisikan pengalaman baru berdasarkan wawasan mengenai bagaimana pelanggan bertindak hari ini dan mengapa .
Enam Langkah Ini Merupakan Analisis Pasar – Kesempatan Suara :
Langkah 1 : menyelidiki kesempatan dalam sistem nilai yang ada atau yang baru
Langkah 2 : mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi terlayani
Langkah 3 : menentukan segmen pelanggan sasaran
Langkah 4 : menilai kebutuhan sumber daya untuk memberikan persembahan
Langkah 5 : menilai daya tarik yang kompetitif, teknologi, dan keuangan kesempatan
Langkah 6 : melakukan go atau no go penilaian
PELUANG LNVESTIGASI YANG ADA ATAU BARU
Nilai Sistem Identifikasi dan analisis Oppornrnity berlabuh dalam ada atau barusistem – nilai lapangan bermain . Sistem nilai dapat dianggap sebagai seluruh rantai pemasok , distributor , pesaing , pembeli , dan perantara yang membawa korban yang sudah ada ke pasar . Dalam ekonomi jaringan , titik awal untuk identifikasi peluang seringkali adalah seseorang yang percaya bahwa sistem nilai dapat diciptakan kembali . Sistem nilai ini beccmes yang jangkar untuk membingkai kesempatan . Kemudian , seseorang dapat mengidentifikasi pelanggan , skr – menyewa pelaku pasar , dan kegiatan ekonomi untuk memanfaatkan , mengarahkan , atau membuat . Langkah pertama dalam framiug peluang bisnis adalah untuk mengidentifikasi secara luas arena dimana perusahaan baru akan berpartisipasi . Tujuannya adalah untuk menyatakan baik apa yang ada di dan apa yang keluar dari bisnis model pertimbangan set . untuk tujuan kita , arena bisnis ripically didefinisikan dalam atau melintasi rantai nilai industri , atau sistem nilai . Bisnis terdiri dari diskrit koleksi kegiatan individu dan organisasi yang bekerja sama untuk membuat dan memberikan manfaat pelanggan melalui produk atau jasa .. Dalam sebuah perusahaan , mungkin ada cara untuk menciptakan nilai . Setelah semua , perusahaan adalah terdiri dari serangkaian kegiatan terkait yang menghasilkan penciptaan produk akhir atau penyerahan jasa .
TIGA JENIS DASAR NILAI
Perusahaan harus melihat pada sistem nilai dengan lensa yang menghasilkan ide-ide tentang baru kemungkinan bisnis . Secara khusus , perusahaan mencari salah satu dari tiga hal : nilai terperangkap yang dapat dibebaskan , nilai baru untuk dunia yang dapat dibuat atau diciptakan, atau hibrida dari terjebak dan nilai baru ke dunia
MENCIPTAKAN PASAR LEBIH EFISIEN .
Dengan menurunkan biaya pencarian dan transaksi, pasar lebih efisien —- pelanggan dapat membeli apa yang terbaik bagi mereka di Iower biaya bersih . Sebagai contoh, Bizbuyer.com menyatukan pemasok dan pembeli produk dan jasa untuk usaha kecil dan menengah businisies . pelanggan yang menyerahkan permintaan usulan , dan pemasok yang memenuhi syarat memberikan kutipan. menciptakan sistem nilai Lebih Efisien . penekanan atau menghilangkan langkah-langkah dalam
SISTEM NILAI SAAT INI DAPAT MENGHASILKAN PENGHEMATAN WAKTU ATAU BIAYA.
Membangun sebuah komunitas : Internet memungkinkan membangun masyarakat yang efisien , seperti yang terlihat dalam ledakan chat room di berbagai topik , baik publik dan swasta masyarakat . website tertutup – komunitas seperti MyFamily.com berusaha untuk membawa keluarga modern yang dengan memungkinkan berbagi percakapan , gambar , pertukaran resep , dll
Memperkenalkan fungsi baru dunia atau Pengalaman pelanggan : merupakan konvergensi komunikasi , komputasi , dan entertaiment serta bentuk yang selalu berubah dan fungsi atau akses perangkatnya adalah dengan membuat pengalaman baru yang mungkin di alami
Nilai hibrida : sebagai istilah yang berkonotasi , adalah istilah yang paling kuat ketika efek sinergi dari keduanya terjebak dan nilai baru untuk dunia dapat dikombinasikan . di sana tiga mekanisme yang berbeda dimana perusahaan dapat menciptakan nilai hibrida : mengganggu penetapan harga, memungkinkan kemudahan akses , atau memerluas jangkauan pasarnya
Mengganggu harga saat ini . Selain membuat pasar lebih efisien , ini Aktivitas nilai membuka kunci dalam perubahan hubungan harga dan daya saat ini . konsumen bisa mendapatkan pengaruh atas harga dan menangkap bagian dari vendor , dan ketika mergin mereka memiliki informasi lebih lanjut tentang relatif kinerja vendor, dalam pemahaman ekonomi penjual , atau wawasan vendor saat ini
MENENTUKAN TARGET PELANGGAN
Diskusi sejauh ini telah tentang dimana sebuah perusahaan berkemungkinan untuk bermain disistem nilai , bagaimana pelanggan melalui proses pengambilan keputusan , dan potensi daerah untuk penciptaan nilai . Bagian selanjutnya dari pembahasan ini akan fokus pada pelanggan tertentu yang perusahaan berencana untuk mengejar . perusahaan perlu mengembangkan rasa untuk tipe pelanggan mereka yang akhirnya mencari untuk dilayani . Pemahaman ini memungkinkan perusahaan untuk menilai peluang menarik pada tingkat tinggi dan untuk fokus untuk mepersembahkan kerajinan, yang menarik
TARGET PELANGGAN
nilai proposisi , atau nilai klaster , hanya pelanggan tertentu seperti . Merancang nilai cluster yang memiliki tiga komponen yang berbeda : ( 1 ) pilihan dari segmen pelanggan sasaran , ( 2 ) pilihan manfaat konsumen yang focus untuk menawarkan , dan ( 3 ) alasan bagi pelanggan untuk percaya alasan mengapa ini perusahaan tertentu dan mitra-mitranya dapat memberikan nilai te klaster secara signifikan lebih baik dibandingkan pesaingnya bisa.
PENDEKATAN UNTUK SEGMENTASI PASAR
Ada banyak pendekatan untuk segmentasi , dan cara terbaik untuk segmen pasar merupakan topik yang sering diperdebatkan . Keputusan tergantung pada sistem nilai bahwa kesempatan berpusat pada , bagaimana pelanggan dapat dan akan membuat keputusan dalam sistem nilai , dan tindakan apa perusahaan kemungkinan untuk ambil. Sebelum pendekatan praktis untuk segmentasi bagi perekonomian jaringan dijelaskan , penting untuk meninjau secara singkat cara yang berbeda bahwa pasar ( dan pelanggan ) dapat segmentasi . Literatur akademik dan buku teks sering mengutip pendekatan segmentasi berikut :
1.
demografi : Bagi
individu , Pendekatan demografis meliputi pengelompokan berdasarkan usia
, jenis kelamin, pekerjaan , etnis , pendapatan, status keluarga , tahap
kehidupan , konektivitas internet , dan browser rype . Dalam pendekatan
firmographic , perusahaan yang tersegmentasi berdasarkan nomor karyawan ,
secara online atau status offline , ukuran perusahaan, fungsi pekerjaan , dan
proses pembelian .
2.
Geographic
: Negara / wilayah / kota , ukuran kota , kepadatan ( urban ,
suburban , pedesaan) , domain ISP , dll
3.
perilaku :
Perilaku belanja online , perilaku belanja secara offline , Web penggunaan ,
loyalitas website, pembelian sebelumnya , dll
4.
Acara ( atau
situasional ) . Kesempatan rutin , acara khusus, waktu (time hari , hari minggu
, hari libur) , lokasi ( dari rumah , di jalan ) , acara ( saat menulis rencana
bisnis , saat berbelanja ) , pemicu ( dari supply) , dll
5.
Psikografis
: Lifesryle ( pencari sensasi , pecinta kesenangan , petapa ) ,
kepribadian ( santai , Tipe A , pengambil risiko ) , afinitas ( pembangun
masyarakat , peserta , orang buangan ) , dll
6.
keuntungan :
Kenyamanan , ekonomi , kualitas , kemudahan penggunaan , kecepatan
, informasi , seleksi, dll
SEGMENTASI
A BERMAKNA JIKA MEMENUHI KRITERIA TERTENTU :
Pelanggan dalam segmen berperilaku sama , sementara pelanggan di seluruh segmen berperilaku dengan cara yang berbeda .Ini memberikan beberapa wawasan ke dalam motivasi pelanggan . .Hal ini sesuai dengan seperangkat hambatan yang dihadapi pelanggan ketika mereka membeli atau menggunakan produk atau jasa .
.Ini sesuai dengan bagaimana pelanggan saat ini ( atau bisa ) membeli atau menggunakan
produk atau jasa . r Ini berkorelasi dengan perbedaan dalam keuntungan atau biaya untuk melayani . .Segmentasi dan / atau perbedaan mereka cukup besar untuk menjamin Perbedaan sewa serangkaian tindakan perusahaan Anda .
HAK CAMPURAN VARIABEL SEGMENTASI
Menemukan hak campuran variabel segmentasi yang baik ditindaklanjuti dan bermakna adalah sulit , dalam prakteknya, perusahaan sering dipaksa untuk perdagangan satu variabel yang lain. Di dunia online, ini trade- off lebih mudah daripada di dunia offline karena perusahaan dapat dengan cepat mengumpulkan data yang baik ditindaklanjuti dan bermakna . Melalui formulir pendaftaran yang meminta pelanggan untuk informasi demografis dasar ( seperti pendapatan , jenis kelamin, usia , dan zip Kode ) atau melalui pelacakan real-time dari pelanggan klik stream pada kedua pencarian data dan perilaku pembelian akhir , perusahaan online memiliki akses ke sumber data yang kaya segmentasi .” Clickographics , ” pengamatan perilaku pelanggan secara online dengan menggunakan Data klik -stream , adalah contoh menarik dari variabel perilaku yang cenderung sangat bermakna dan ditindaklanjuti .
PILIHAN FOCAL MANFAAT PELANGGAN
Sebuah bisnis mengartikulasikan proposisi nilai atau gugus ketika itu spesifikasi kunci kembali manfaat yang akan dikirimkan ke segmen sasaran tertentu . Manfaat perlu relevan , penting , dan pelit . ‘ pemasaran konvensional sering merekomendasikan bahwa perusahaan fokus pada satu atau dua manfaat kritis. Contoh yang sering dikutip termasuk Volvo ( yang menekankan safety ) , Southwest Airlines ( yang menekankan kenyamanan dan harga rendah ) , atau Four Seasons ( yang menekankan layanan yang luar biasa ) . Sebagai pendukung motivasional segmen fokus akan setuju , perusahaan yang mencoba untuk bersaing di lebih dari satu manfaat menciptakan masalah dua dasar. Yang pertama , pada permintaan sisi , adalah bahwa pelanggan yang bingung dengan pesan perusahaan . Yang kedua , di sisi penawaran , adalah bahwa sistem harus dibangun secara unik untuk memberikan manfaat tertentu . Memilih dua manfaat yang sangat bertentangan ( seperti pengiriman cepat dan harga rendah ) akan menyebabkan kompromi dalam pengembangan strategi klasik ” terjebak di tengah-tengah ” – dan kinerja rata-rata pada dua manfaat , sementara perusahaan lain memberikan kinerja tinggi pada manfaat tunggal .
Exhibit 2.7 Amazon.com Homepage for two Different Customers
Sumber Daya Perusahaan
Pada tahap ini, tim sudah akan memiliki pemahaman yang kuat tentang hal-hal berikut:
Pelanggan dalam segmen berperilaku sama , sementara pelanggan di seluruh segmen berperilaku dengan cara yang berbeda .Ini memberikan beberapa wawasan ke dalam motivasi pelanggan . .Hal ini sesuai dengan seperangkat hambatan yang dihadapi pelanggan ketika mereka membeli atau menggunakan produk atau jasa .
.Ini sesuai dengan bagaimana pelanggan saat ini ( atau bisa ) membeli atau menggunakan
produk atau jasa . r Ini berkorelasi dengan perbedaan dalam keuntungan atau biaya untuk melayani . .Segmentasi dan / atau perbedaan mereka cukup besar untuk menjamin Perbedaan sewa serangkaian tindakan perusahaan Anda .
HAK CAMPURAN VARIABEL SEGMENTASI
Menemukan hak campuran variabel segmentasi yang baik ditindaklanjuti dan bermakna adalah sulit , dalam prakteknya, perusahaan sering dipaksa untuk perdagangan satu variabel yang lain. Di dunia online, ini trade- off lebih mudah daripada di dunia offline karena perusahaan dapat dengan cepat mengumpulkan data yang baik ditindaklanjuti dan bermakna . Melalui formulir pendaftaran yang meminta pelanggan untuk informasi demografis dasar ( seperti pendapatan , jenis kelamin, usia , dan zip Kode ) atau melalui pelacakan real-time dari pelanggan klik stream pada kedua pencarian data dan perilaku pembelian akhir , perusahaan online memiliki akses ke sumber data yang kaya segmentasi .” Clickographics , ” pengamatan perilaku pelanggan secara online dengan menggunakan Data klik -stream , adalah contoh menarik dari variabel perilaku yang cenderung sangat bermakna dan ditindaklanjuti .
PILIHAN FOCAL MANFAAT PELANGGAN
Sebuah bisnis mengartikulasikan proposisi nilai atau gugus ketika itu spesifikasi kunci kembali manfaat yang akan dikirimkan ke segmen sasaran tertentu . Manfaat perlu relevan , penting , dan pelit . ‘ pemasaran konvensional sering merekomendasikan bahwa perusahaan fokus pada satu atau dua manfaat kritis. Contoh yang sering dikutip termasuk Volvo ( yang menekankan safety ) , Southwest Airlines ( yang menekankan kenyamanan dan harga rendah ) , atau Four Seasons ( yang menekankan layanan yang luar biasa ) . Sebagai pendukung motivasional segmen fokus akan setuju , perusahaan yang mencoba untuk bersaing di lebih dari satu manfaat menciptakan masalah dua dasar. Yang pertama , pada permintaan sisi , adalah bahwa pelanggan yang bingung dengan pesan perusahaan . Yang kedua , di sisi penawaran , adalah bahwa sistem harus dibangun secara unik untuk memberikan manfaat tertentu . Memilih dua manfaat yang sangat bertentangan ( seperti pengiriman cepat dan harga rendah ) akan menyebabkan kompromi dalam pengembangan strategi klasik ” terjebak di tengah-tengah ” – dan kinerja rata-rata pada dua manfaat , sementara perusahaan lain memberikan kinerja tinggi pada manfaat tunggal .
Exhibit 2.7 Amazon.com Homepage for two Different Customers
Sumber Daya Perusahaan
Pada tahap ini, tim sudah akan memiliki pemahaman yang kuat tentang hal-hal berikut:
·
Sistem nilai yang
dipilih di mana perusahaan akan berpartisipasi
·
Tahap kunci dari
proses pengambilan keputusan pelanggan dan manfaat dicari atau nilai terjebak
pada setiap tahap
·
Segmen pelanggan
sasaran
Langkah Lima: Menilai Kompetitif, Teknologi, dan Keuangan Peluang
·
Intensitas kompetitif.
Faktor-faktor yang berhubungan dengan intensitas kompetitif secara keseluruhan
dapat dinyatakan dalam peta pesaing yang meliputi (a) jumlah dan identitas
pesaing bersama dengan masing-masing (b) kekuatan dan kelemahan dalam
memberikan manfaat.
·
Pelanggan Dinamis.
Unsur yang membingkai dinamika pelanggan secara keseluruhan dari pasar adalah
(a) tingkat kebutuhan yang belum terpenuhi, atau besarnya peluang tak terbatas,
(b) tingkat interaksi antara segmen pelanggan utama, dan (c) tingkat
kemungkinan pertumbuhan.
·
Teknologi Kerentanan.
Teknologi kerentanan meliputi (a) dampak dari penetrasi teknologi yang
memungkinkan dan (b) dampak teknologi baru pada nilai proporsition.
·
Mikroekonomi.
Mikroekonomi dari kesempatan yang meliputi (a) ukuran / volume pasar dan (b)
tingkat proyeksi profability.
Exhibit 2.8 Competitor Profiling-Eastman Kodak
Analisis ini akan membantu perusahaan melakukan hal berikut:
·
Membatasi setiap ruang
putih (terlayani daerah) di pasar dan, sebaliknya, daerah yang paling
kompetitif.
·
Mengidentifikasi
perusahaan perusahaan akan bersaing dan mendapatkan pemahaman awal kekuatan
mereka
·
Perusahaan titik
tersebut bisa berpotensi rekan-dengan kata lain, perusahaan-perusahaan yang
mungkin menawarkan kemampuan kritis atau akses unik untuk pelanggan pada tahap
tertentu dari proses pengambilan keputusan pelanggan.
·
Exhibit
2.9 Perhitungan Per-Rumah Tangga Konsumen Pendapatan Film
Nilai dari latihan ini adalah untuk memikirkan tentang semua kelebihan dan kekurangan. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah situasi ini adalah kesempatan yang buruk, moderat, baik, besar atau raksasa.
Langkah Enam: Conduct go/no-go assessment (melakukan penilaian pergi/tidak pergi)
Exhibit 2.10 Rantai Nilai Fotografi
Exhibit 2.11 Investasi Terkemuka dan Kemitraan, 2000-2001
Exhibit 2.12 Kodak’s Digital Photography Overall Opportunity Assessment
Kisah kesempatan harus melakukan hal berikut ini :
Nilai dari latihan ini adalah untuk memikirkan tentang semua kelebihan dan kekurangan. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah situasi ini adalah kesempatan yang buruk, moderat, baik, besar atau raksasa.
Langkah Enam: Conduct go/no-go assessment (melakukan penilaian pergi/tidak pergi)
Exhibit 2.10 Rantai Nilai Fotografi
Exhibit 2.11 Investasi Terkemuka dan Kemitraan, 2000-2001
Exhibit 2.12 Kodak’s Digital Photography Overall Opportunity Assessment
Kisah kesempatan harus melakukan hal berikut ini :
·
Menjelaskan secara
singkat segmen sasaran ( s ) dalam sistem nilai yang dipilih .
·
Mengartikulasikan
proposisi nilai tingkat tinggi
·
menguraikan
unsur-unsur imbalan pelanggan ( bab ini difokuskan pada manfaat fungsional ,
namun , kebutuhan bisa emosional atau self- ekspresif )
·
mengidentifikasi
kemampuan kritis dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat
pelanggan .
·
lay out alasan penting
untuk percaya bahwa kemampuan diidentifikasi dan sumber daya akan menjadi
sumber keunggulan dalam persaingan
·
mengkategorikan
kemampuan kritis ( dan sumber daya yang mendukung ) seperti di – rumah ,
membangun, membeli , atau berkolaborasi
·
Menjelaskan bagaimana
perusahaan akan menguangkan kesempatan ( yaitu , bagaimana hal itu akan
menangkap beberapa ramuan dari nilai yang menciptakan untuk pelanggan ) .
·
memberikan pengertian
awal untuk besarnya peluang keuangan bagi perusahaan
·
Mengidentifikasi
asumsi yang mendasari penting yang harus benar agar peluang ini terwujud di
pasar .
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor risiko yang terkait dengan mengejar kesempatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar